SEJARAH SINGKAT

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat ALLah SWT atas segala rahmat dan hidayah Nya, serta salawat dan salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang telah membuka mata dunia dalam pembaharuan ilmu pengetahuan sehingga memberi arah dan tujuan dalam mengarungi bahtera kehidupan di dunia ini

POLTEKKES KEMENKES RI PRODI D-III KEBIDANAN ACEH TENGAH – TAKENGON merupakan Konversi dari Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang disingkat ” AKBID PEMKAB ACEH TENGAH ”. Perubahan nama perguruan tinggi dari AKBID PEMKAB ACEH TENGAH KE POLTEKKES KEMENKES RI PRODI D-III KEBIDANAN ACEH TENGAH – TAKENGON. Ini disahkan pada hari Kamis Tanggal 10 Oktober 2019 di Takengon dengan Akreditasi C “Cukup”.

sebelumnya AKBID PEMKAB ACEH TENGAH adalah perguruan tinggi yang dipimpin Direktur yang berada dibawah UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah. Pembinaan Akademi Kebidanan Pemkab Aceh Tengah secara Tehnis akademis oleh Kementrian Kesehatan serta Kementrian Pendidikan Nasional.

Tempat kedudukan Akademi Kebidanan Pemkab Aceh Tengah berlokasi di Jalan sengeda, Kebayakan komplek RSU Datu Beru Takengon. Akbid Pemkab Aceh Tengah didirikan di Takengon berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan tenaga kesehatan Depatemen Kesehatan Republik Indonesia.

Nomor : HK.00.06.1.1.2300 Tanggal 16 Agustus 2000 tentang izin penyelenggaraan Akademi Kebidanan Pemerintah Daerah Takengon  Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Daerah Istimewa Aceh.

Sebelum berdirinya Akademi Kebidanan Pemkab Aceh Tengah Pada bulan Juli 1993 berdiri Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Takengon merupakan kelas jauh dari SPK Tjoet Nya’dhien Banda Aceh. Setahun Kemudian SPK Takengon kelas jauh SPK Tjoet Nya’dhien Banda Aceh resmi menjadi SPK Pemkab Aceh Tengah. Sejak berdiri SPK Takengon telah meluluskan Bidan “C” 76 Orang, dan Meluluskan 281 Orang siswa – siswi Sekolah Perawat Kesehatan ( SPK ).

Pada tahun 2000 Sekolah Perawat Kesehatan Pemda Aceh Tengah dikonversi menjadi Akademi Kebidanan Pemerintah Daerah Aceh Tengah, dan pada tahun 2001 SPK Takengon tidak menerima siswa baru lagi. Pada tanggal 12 Juli tahun 2003 dimulailah penerimaan mahasiswa baru Akademi Kebidanan Pemkab Aceh Tengah. Program tersebut mulai dilaksanakan pada Tahun ajaran 2003/2004 untuk menerima peserta didik yang berasal dari lulusan SMU/ sederajat dengan jumlah Alokasi  mahasiswi berjumlah 50 orang.

Status Institusi  Akademi Kebidanan adalah milik Pemerintah  Daerah Kabupaten Aceh Tengah. Sejak Tahun 2008 Akbid Pemda Aceh Tengah berkreditas “B”  Oleh Departemen Kesehatan (Pusdiknakes) tepatnya tanggal 9 Juni Tahun 2008

SEJARAH SINGKAT

VISI & MISI

LOGO POLTEKKES

BERANDA